Friday, May 16, 2014

Ayam Betutu Gilimanuk (JOGJA)

Alamat: Jl. Damai (bs lewat kaliurang. Lebih enak masuk lewat tentara palagan krn lebih dekat. nnti ada plang di utara jalan, disuruh masuk ke gang diselatan jalan haha, jadi ra sah ngebut2 pelan aja, nnti kelewat)

Aku penasaran bgt sama tempat makan ini, honestly bukan krn menunya, tp krn mukanya yg di plang itu jelek :( yang aku tau ayam betutu itu memang khas makanan bali ya. Aku  berdarah bali sih tp aku gak familier sm makanannya. So, tonight was a fantastic night to try it! 
Nyarinya gak susah sih, tp plangnya itu gak ada lampunya, jadi susah ngeliatnya. Pas udah sampe, gak begitu rame krn masih jam 7. Hanya ada 2 keluarga yang makan disana. Kalo diperhatikan banyak ornamen bali, seperti kain kotak2 dipasang ditiang2, lalu ada payung2 khas yg dipasang di pure.

Singkat cerita, kita pesan:
  1. Ayam betutu 1/2 potong + kacang goreng + kangkung plencing + sambal matah (45rb): ayamnya dapet dr paha dan dada. Sudah dipotong sih, jadi udah gak nyatu lg. Ayamnya berkuah gitu, kuahnya gak bening krn didalamnya ada berbagai campuran bumbu pedas. Pertama yang harus dicoba saat makan berkuah adalah mencicipi kuahnya pastinya. OMG, seketika langsung pedasnya nyos bgt dan pas nyobain ayamnya super lembut lho! Aku bahkan bs memakannya dgn nyaman pake sendok garpu tanpa harus narik2 ayamnya hehe. Paket ini memang sudah lengkap bgt, kangkungnya juga bnyak, tp menurut aku kuranh berasa sih. Jadi cm kayak direbus dikasih bumbu dikit gitu, mild rasanya, krn memang sifatnya melengkapi ayamnya yang sudah berbumbu. Lalu ada kacang tanah yang dgoreng diberi garam dikit dan sambal matah. Sambal matah itu terdiri dr potongan cabe rawit, potongan tipis bawang merah yang sudah sebentar ditumis. Gak pedes bgt kok. Klo dimakan secara bersama2 very complete as a whole dish. Aku sampe nangis krn pedesnya ayam betutunya. Bivirku rasanya nyut2an tp puas :)
  2. Sate lilit (2,5rb): karena aku penggemar sate, gak lengkap kalo gak nyobain sate lilitnya. Aku pesan dua. Jadi sate lilit itu juga khas makanan pulau dewata. Merupakan campuran ayam, bumbu seperti ketumbar, kunyit,dll, trus juga ada parutan kelapa. Semuanya agak dihaluskan dan dicampur, untuk kemudian dibentuk menjadi sate yang dimasak dengan cara dibakar. hmm honestly, rasanya biasa saja, tidak ada pop up dr bumbunya. All i can taste is coconut and a little bit of sweetness.
  3. Nasi 1/2 centhing (7rb): untuk berdua uda jauh lebih dr cukup porsi. Nasinya kualitas oke kok. Disajikan dalam bakul ukuran kecil :)
  4. Es teh (4rb)
  5. Es lemon tea (6rb)



Ayam betutu 1/2 potong

Sate lilit

Kangkung plencing

Sambal matah dan kacang goreng

Nasi 1/2 centing





aku pilih tempat duduk diluar, digazebo2 gitu. hehe krn gelap keliatan payungnya aja hahha


Kalian suka sensasi pedas? Ayo deh cobain ayam betutu ini. Enyak dan memuaskan.

Total habis: 67rb

Score: 8.5 / 10

1 comment: