Monday, January 26, 2015

Kuliner Lombok (LOMBOK)

Kali ini aku pengen ngeshare pengalaman kulinerku nih di lombok. Luar biasa banget haha, makanannya memang berbeda sama yang dijawa. Tidak ada makanan manis hahaha, disana serba pedes dan endes. Ini disaranin langsung lho sm orang lombok. Kebetulan temenku orang lombok dan dy menjadi private tour guide kami disana..

1. Sate sapi "Ibu Sarilah"
Alamat: komplek wisata Suranadi

Pertama kali kami nyobain makanan khas ya disini. Sepulangnya kami dr senggigi, kita cus kesini buat makan sate yang tempatnya jauh banget. Haha bisa pilih sate ayam, sapi, atau ati, atau bisa campur juga. Aku pilih yang campur, biar bisa ngerasain semuanya. Bumbunya pedes gurih gitu kalo disini. Encer kayak kuah gitu. Enak kok, beda dari kebiasaan kita di jawa yang sate manis2 hehe. Kalo disini lontongnya ga dipotong2 tp kecil2 persatuan bayarnya. Kalo ga salah sih satunya seribu atau kurang ya? Haha lupa nanya detail.

Harga: 24rb sate + lontong + minum es kelamud





2. Sate ikan tanjung
Sate ikan yang lezat dengan rasa pedas, manis, gurih ini benar benar ngangenin. Satenya kecil2 gitu sekali gigit aja sih, dan ini bukan olahan ikan tp totally ikan, masih terasa banget daging ikannya. Kt temenku ini pake ikan tenggiri. 

Harga seribu rupiah perbatang


3. Sate sapi rembiga
Ini super endes. Kalo kalian kesini wajib banget ini. Sate sapi banyak yang jual disini, salah satu yang paling terkenal dan pernah masuk mak nyuz nya pak bondan ya ini. Hehe pantas saja sih, daginggnya lembut dan rasa satenya nonjok banget. Pedas manis. Nothing like it di jogja. Recommended. Sate atinya juga gede2 gitu. 

Seporsi 20b
Sate ati @2500, seporsi isi 5 tusuk 12,5rb




3. Seafood remaja indah
Kalo ke lombok yang identik dengan wisata pantainya, kayaknya kurang kengkap kalo kesini gak makan seafood nya ya. Nah pas banget mbak vina dan keluarga juga suka jajan yang endes2 gitu. Sebelum mantengin sunset, kita mengisi perut dulu di rm seafood langganan ini. Karena preparationnya lumayan lama untuk masak, jadi pas on the way sudah pesen dulu vis telfon. Kita datang ber 4 dan dengan kalapnya pesan 5 menu. Biasanya kan kecil ya, meskipun temenku ud bilang porsinya gede tp kita apga kebayang segitu banyaknya, hahahahhahaa. Pas makanan dateng, kita shock. Tp akhirnya abis tak tersisa sih hehe. Memang buanyak buanget porsinya sumpah. Wajar saja masing2 seafood dihargai 100rb dan untuk udang 150rb. Ca kangkungnya juga jagoan, seger banget enak. 
Jangan kaget kalo disini tidak ada list harganya. Karena dihargai sm yang punya berdasarkan porsi yang disajikan alias ukuran dr seafood tsb, pastinya ngikutin harga sesfoodnya di pasar aja

Cumi saos padang

Udang bakar

Tumis kerang 

Cumi goreng tepung

Ca kangkung

4. Nasi balap
Waktunya sarapan! Kalo disini penggantinya gudeg ya ini, nasi balap. Banyak jenisnya sih disini, intinya tu kayak nasi rames kalo dikita. Isinya ada urap, potongan tempe goreng, daging sapi kayak di terik gitu, ada bihunnya dan mirip ada serundengnya kalo ga salah ngerasain kmren. Aduh ini pembuka yang sempurna buat hari yang indah di lombok. Belinya sih dideket rumah temenku. Ini ada dimana2 ktnya.

Seporsi 7rb


Nah, ada jenis yang juga terkenal, berasal dr daerah namanya puyung. Hayo tebak nama makanannya jadi apa? Yup, nasi balap puyung. Hehehehhee. Bedanya, kalo yang puyung ala 'rm rinjani' ni, lauk nasinya adalah kacang kedelai, suwiran ikan dan ayam. Agak kering, tp enak lho guys. Wajib coba ya kalo ke lombok

Seporsi nasi balap plus ayam 16rb

Lupa foto karena keasikan makan nyahaha (pic dari https://omsotong.wordpress.com/2013/08/20/tiba-tiba-lombok/)




4. Ayam bakar taliwang Irama 
Kalo denger lombok inget ayam taliwang kan kalo lg laper. Hehe. Nah bisa jadi makanan ini adalah makanan yang paling terkenal yang berasal dari lombok. Aku penasaran seperti apa sih ayam taliwang yang asli, jadi temenku bawa kita ke sini nih, tempat makan tenda sederhana sekali di pusat kota bernama ayam bakar taliwang irama. Tempat makan ini bukanya stlah magrib ya guys. 
  1. Ayam taliwangnya (40rb): jangan kaget hehe, ini full satu ekor ayam kampung yang ukuran kecil. Cukup banget untuk makan 2 orang. Jadi kalo disini hanyak dibakar dengan bumbu pedas manis hingga gelap gitu. Enak untuk disesep2 karena bumbunya tu sampe tulang. Ow ya disini dikasih 3 jenis pendamping, yaitu sambel khas taliwang pastinya yang kayak bubur cabe tu, trus ada sambal bawang gitu dan ada terong lalapan yang dikasih pedes2. Lengkap sudah. 
  2. Sate ati (10rb)
  3. Plecing kangkung (5rb): ada kangkungnya, taugenya dan dikasih sambal khas plecing yang sebenarnya ga begitu pedas hehe. 

Ayam bakar taliwang

Sate ati

Plecing kangkung


6. Al-hamra
Memang sih ini bukan makanan khas lombok melainkan khas arab, tp tempat ini cukup terkenal disini. Hehe. Besok pagi aku sm temenku ud mau balik nih ke jogja sm dy ke jkt. My chance to taste this resto. Khasnya disini yang kambing2an. 

Aku pesan
  1. Kambing bakar 750gr (57rb): ini kesukaan temenku dan keluarganya. Aku juga nyobain ah, kambingnya oh hemji, dagingnya dengan mudah lepas dr tulangnya, bumbu kecapnya sudah meresap hingga dalem2 banget. Dan gak lupa yang terpenting juga adalah kuahnya, gurih dan kaya kaldu. Pelengkap yang sempurna hehe biar ga eneg. Ow ya, dagig kambingnya juga banyak lho. Endes.
  2. Shoarma (43rb): kalo kata adeknya temenku sama aja kayak makan kebab. Bedanya adalah disini rotinya disajikan terpisah dari dagingnya hehe. Memang potongan dagingnya cukup banyak, ada juga kentang gorengnya. Rasanya sih ga special, tp enak aja.
  3. Tamer float (24,5rb): ini adalah float kurma. Rasanya? Wuuuenak! Manisnya kurma yang ga menyengat sekali ni pas banget :) sukak.
  4. Strawberry float (24,5rb): ini kayaknya kok ga ada dimenu ya hehe, ternyata namanya yang beda kalo dimenu kalo ga salah fraula apa ya. Hmm correct me if i am wrong ya. Tak seperti stawberry float pada umumnya, disini aku sukanya tuh ada rasa asem khas strawberry yang masih sanget meninjol. Endes.
  5. Deep fried ice cream (28rb): temenku pesen ini, pas aku cobain luarnya crispy gitu dalemnya lembut karena ice creamnya dilapisi sama adonan tepung gitu. Tp menurutku sih biasa aja hehe.
  6. Arabian gulf chocolate (25rb): menurutku ini juga istimewa. Haha menurut temen2ku aneh tapi. Basicly, ini adalah hot chocolate yang diaksih rempah2 seperti jahe, cinnamons, dan kayaknya sereh. Jadi rasanya panas, pedes, manis gimana gitu. Enyak dan penangkal masuk angin hehe. 

Kambing bakar

Shoarma

Deep fried ice cream

French fries 

Fraula dan tamer float

Arabian gulf chocolate

Lombok yang penuh dengan kekayaan alamnya juga menawarkan wisata kuliner yang unik dan pedas menggoyang lidah. Kalo kalian main kesini, cobain deh makanan paling khasnya dan jangan takut buat mencoba hal baru :) 
Makasih sama mb vina dan keluarga yang dgn hangatnya menampung kami dan menunjukkan keindahan Lombok, dan makasih partner travellingku yang rela berbagi sabun sm aku hehe, dian dan dek nisa.

Rumah sasak

Gili trawangan

Tanjung aan

Sunset di Senggigi 

What a perfect holiday.

Thank you lombok!

3 comments:

  1. KESAKSIAN KISAH NYATA 2017

    Kesaksian Edisi 2017. Nama: Bpk. Hidayat M.Rohadi. Kota: Semarang. Jawa Tengah
    Segala Syukur Saya Ucapkan Kepada Allah SWT, Atas Segalah Kuasanya Hingga Ada Sosok Seperti Mbah Bintang Jagat Dimuka Bumi ini Yang Dianugerahi Kekuatan Spiritual Islami, Mbah Bintang Telah Memberikan Saya Dan Keluarga Saya Kebahagiaan, Berkat Bantuan DANA GHOIB 15 Milyar Yang Mbah Bintang Jagat Berikan Kini Bisnis PROPERTY Keluarga Yang Saya Jalankan Sekarang Sudah Sudah Hampir Selesai Pembangunan, DANA GHAIB Dari Mbah Bintang Jagat Saya Pakai Untuk Pelunasan Tanah Dan Sisanya Untuk Pembangunannya..
    Saya Ucapkan Terima Kasih Kepada Mbah Bintang Jagat Karna Bantuan Anda, Akhirnya saya Bisa Sukses, Semoga Anda Juga Merasakan Keberuntungan Saya ini, Demikian Kesaksian Saya Buat Tanpa Adanya pemaksaan Dari Pihak manapun, Wassalam
    KLIK:> Solusi Pesoalan Ekonomi 2017

    ReplyDelete
  2. waaah lombok emang sempurna ya, tempatnya cantik kulinernya juga lezat...


    bantu kita juga dengan klik di sini ya, terimakasih :)

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas informasi kulinernya, bisa juga mengunjungi blog mengenai kartu pra kerja jika berkenan. terima kasih

    ReplyDelete